loading...

Wednesday, June 29, 2016

Gelar "Tuhan" bagi Yesus adalah Hasil dari keputusan Konsili Nicea?



Tuduhan:
1. anda lupa bahwa anda sendiri lah yang mengikuti ajaran sesat dan palsu yang menuhankan manusia.
Ingat ajaran Ketuhanan Jesus itu adalah hasil keputusan Konsili Nicea yang merupakan suatu keputusan yang dipengaruhi oleh Kaisar konstantin seorang penganut dan penyembah berhala (beraliran PAGAN). Bukan ajaran Jesus yang asli....


Jawab:

Yesus sebagai Tuhan tidak ditentukan oleh intervensi Kaisar Konstantin di Konsili NICEA. Alkitab dengan jelas bersaksi bahwa Yesus adalah Tuhan.

Ajaran Yesus adalah Allah sudah tercatat dalam Alkitab Perjanjian Baru yang ditulis pada tengah kedua abad pertama 50-100 Masehi, jadi bukan merupakan hasil keputusan politik kaisar Konstantin melalui Konsili Nicea 325 M.

Jauh sebelum konsili Nicea dilakukan, para Rasul, Murid dan orang-orang percaya mengakui Yesus Tuhan. Bahkan Yesaya dan kitab-kitab para nabi dalam Perjanjian Lama menuliskan tentang keilahian Sang Mesias (dari kata Ibrani, משיח - MASYIAKH) / Kristus (dari kata Yunani, χριστος - khristos).


ALKITAB yang bersaksi tentang ke-ALLAH-an Yesus Kristus :


    * Yohanes 1:1-3,14
    1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
    1:2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
    1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
    1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

    * Yohanes 13:13
    Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan

    * Yohanes 20:28
    Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!

Artikel terkait :
- YESUS KRISTUS ADALAH ALLAH, di yesus-kristus-adalah-allah-vt35.html#p80
- YESUS KRISTUS ADALAH TUHAN, di yesus-kristus-adalah-tuhan-vt625.html#p1440



Beberapa perkataan Yesus yang menarik dipelajari:

    * Yesus mengatakan, "Akulah gembala yang baik" (Yohanes 10:11), sedangkan Perjanjian Lama mengatakan, "TUHAN adalah gembalaku" (Mazmur 23:1).

    * Yesus menyatakan Dia adalah hakim atas segala bangsa (Yohanes 5:27; Matius 25:31), Perjanjian Lama mengatakan TUHAN adalah hakim segala bangsa (Yoel 3:12).

    * Yesus mengatakan, "Akulah terang dunia" (Yohanes 8:12), Perjanjian Lama mengatakan "'TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu" (Yesaya 60:19).

    * Yesus mengatakan Dia adalah yang pertama dan yang akhir (Wahyu 1:17), sama seperti YHVH dalam Perjanjian Lama (Yesaya 44:6).

Artikel terkait : Yesus menyatakan diri sebagai YHVH, di yesus-kristus-adalah-yhvh-vt41.html#p2668

Pernyataan keilahian Yesus sangat jelas di Yohanes 8:58, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada"



Sekarang kita tinjau dari segi sejarah KONSILI NICEA itu:

KONSILI NICEA yang diadakan di kota Nicea diadakan pertama kali pada tahun 325 semasa pemerintahan raja Konstantin Agung (274-337).
(Ada tuduhan juga dari teman2 Muslim, bahwa Konsili Nicea dipengaruhi oleh sosok Rasul Paulus. Namun, perlu dipahami bahwa konsili ini diadakan jauh setelah Rasul Paulus di-eksekusi mati, maka Paulus tidak ada urusannya dengan Konsili Nicea).

Konsili ini diadakan karena adanya penatua di Aleksandria bernama Arius yang melontarkan ajaran yang berbeda dengan pemahaman gereja secara umum selama 4 abad mengenai ke-Tuhan-an atau ke-Allah-an Yesus Kristus. Pandangan Arius ditolak oleh uskup Aleksander dan penatua Athanasius yang juga berasal dari gereja Aleksandria, penolakan ini kemudian diteguhkan dalam konsili Nicea yang khusus diadakan membahas pengajaran Arius yang menyimpang itu.


Faham yang mendasari Arius:

GNOSTIKISME :
Pada abad-2/3 berkembang ajaran Gnostik yang mengajarkan bahwa 'percikan api ilahi' jatuh dari realita ilahi ke dunia materi yang jahat dan terpenjara dalam diri manusia. Ada keberadaan awal yaitu Tuhan yang tidak dikenal, dan darinya terpancar/ emanasi ilah-ilah lebih rendah yang berakhir dengan 'sophia' yang memiliki keinginan untuk mengetahui 'keberadaan tertinggi' itu. Dari Sophia terbentuk 'ilah' yang merosot yang jahat yang disebut 'demiurge' yang dikirim untuk menyelamatkan manusia.

Ada gnostik yang menyamakan demiurge sebagai Allah PL, dan ada yang mengatakan bahwa 'Kristus, roh ilahi' merupakan logos demigod yang mendiami manusia Yesus dan tidak mati disalib, melainkan kembali kepada sumbernya. Gnostik menolak penebusan Yesus Kristus dan kebangkitan tubuh.


Gnostikisme sezaman dengan faham:

NEOPLATONISME :

Plato (428-347sM) membagi realita menjadi dunia Bentuk/Ide dan Materi. Dunia bentuk/ide tertinggi dan sempurna disebut ‘Yang Baik.’ Pengetahuan mengenai itu menjadi sumber pembimbing dalam menentukan keputusan moral.

Pemikiran Plato dalam perkembangan 'Middle Platonic' dijabarkan sebagai hirarki prinsip ilahi yang dimulai dengan prinsip tertinggi yang disebut ‘Yang Satu’ yang mengandung pikiran ilahi yang dipertentangkan dengan dunia materi atau jiwa yang jahat.

Pemikiran ini kemudian diajarkan oleh Amonius Saccas (174-242) dan dikembangkan muridnya bernama Plotinus (205-207) sebagai Neo-Platonisme yang menggambarkan realita sebagai hirarki keberadaan yang makin kebawah makin rendah dan merupakan ekspresi lebih rendah dari yang diatasnya, demikian seterusnya, dan merupakan proses pencurahan energi Allah yang bertingkat. Tingkat teratas disebut logos dan tingkat dibawah dipancarkan/emanasi dari yang diatasnya, demikian seterusnya.

Plotinus menolak gagasan gnostik yang menyebut dunia materi itu jahat, tetapi dalam banyak segi lainnya keduanya saling mempengaruhi.


ARIANISME :

Arianisme dirintis oleh Arius (256-336), seorang penatua di gereja Aleksandria. Ia terpengaruh neoplatonisme. Menurutnya preexistence Yesus bukanlah Allah tetapi ciptaan pertama yang ‘seperti Allah’ (homoi-ousius) atau 'demigod', semacam konsep 'demiurge' yang lebih rendah dalam Gnostik. Bagi Arius karena Yesus ciptaan, maka ia bukan Allah, dan bukan penebus karena hanya Allah yang bisa menebus.

Pengajaran Arius ditolak gereja di Nicea (325) namun kemudian dipercaya kelompok 'Unitarian' (abad-16) dan 'Saksi-Saksi Yehovah' (abad-19).



Nah itu, seolah-olah Muslim itu sepaham dengan "Arianisme," saya meragukan hal itu, kalangan Arianisme pada masa sekarang-pun (misalnya kelompok [i]Saksi-saksi Yehovah) pun tidak bisa diidentikan kepercayaan mereka akan keesaan Allah dan nabi seperti konsep Muslim.[/i]


Konsili Nicea mempertahankan ajaran Alkitab yang sudah ada sejak dulu (sebelumnya) yang menyebutkan bahwa Yesus Kristus adalah Allah (Yohanes 1:1; Yohanes 20:28 ) yang sehakekat dengan Bapa (homo-ousius).

Ajaran Yesus Kristus adalah Allah sudah tercatat dalam Alkitab Perjanjian Baru yang ditulis pada tengah kedua abad pertama (tahun 50-100 M), jadi bukan merupakan hasil keputusan politik kaisar Konstantin melalui Konsili Nicea (tahun 325 M).



Blessings,
BP

2 comments:

Admin bihalalNET said...

Salah satu sifat mustahil bagi Tuhan adalah menyerupai makhluk atau ciptaanNYa...
Kalau anda menganggap Tuhan menyamar jadi manusia untuk berbakti kepadaNya, maka anda perlu mereorentasi isi kitab yang anda baca.
Tuhan Maha Agung, melalui tanda2 kekuasaanNya, manusia akan mengenal Tuhannya, kecuali mereka tak mau memikirkan hal tersebut.

Salam Reorientasi,

Sofian

Unknown said...

Maaf anda tidak bisa membatasi sifat2 keilahian ALLah...mohon di baca 99 sifath.
allah,,,allah mahakuasa...apakah allah bisa jadi api????
Di jaman musa allah menampakan diri menjadi api di semak belukar..klo anda tidak tahu brarti anda tidak mempelajari alquran anda...apa kah anda tidak tahu arti kun fayakun???


Suka2 Tuhan cz DIA YANG PUNYA ALAM SEMESTA DAN BERKUASA